Sabtu, 10 April 2010

Belanda : Pengetahuan yang menguasai waktu





Apa yang akan teman-teman pikirkan ketika mendengar kata BELANDA ?. Pastinya sebagian besar akan berkata bahwa belanda adalah negara yang pernah menjajah indonesia selama 350 tahun. Namun tahukah kawan kenapa Belanda sejak jaman dahulu merupakan negara yang disegani oleh masyarakat dunia?

1. Belanda menguasai sistem keuangan : Kita bisa melihat dari contoh perusahaan belanda yang hampir menguasai dunia pada tahun 1600-1900'an. Pasti teman-teman pernah mendengar VOC (Vereenigde Oostindische Compagnie). VOC adalah salah satu perusahaan yang dalam sistem keuangannya telah melebih pengetahuan di jamannya. Bisa dikatakan sampai saat ini VOC adalah perusahaan yang berdiri paling lama (Sampai dengan 300 tahun lebih) dikarenakan sistem akuntansi mereka yang sampai sekarang kita gunakan yaitu sistem akuntansi 2 kolom Debet dan Kredit. Sehingga ketika perusahaan lain pada zaman itu masih bingung memisahkan bagian kekayaan, justru belanda dengan VOC'nya memperluas jajahan.
Kita bisa melihat Contoh sebuah perusahaan dari negara lain (Amerika) yaitu perusahaan Lehman Brothers yang 'hanya' bertahan selama kurang lebih 100 tahun kemudian bangkrut dan menyebabkan keguncangan ekonomi dunia pada tahun 2008 lalu.

2. Belanda menguasai sistem navigasi : Ketika para penduduk masih ragu bahwa bumi ini bulat, justru para pelaut belanda berusaha menjelajah lautan hingga terciptalah peta dunia yang hampir sempurna. Pada waktu itu daerah Indonesia sekarang mereka sebut daerah Timur Jauh. Dan pada waktu itu pula mereka menemukan Malaka = penghasil Pala terbaik di Indonesia.

3. Belanda menguasai Arsitektur : Tidak pernah kita ragukan bahwa arsitektur Belanda adalah salah satu yang terbaik di Dunia, Belanda terkenal dengan arsitektur yang simple namun kuat hingga ratusan tahun. Kita bisa menemukan beberapa buktinya di benteng / mercusuar yang ditinggalkan belanda. Disitu bisa terlihat bagaimana mereka bisa mendesain dengan simple, indah, dan kokoh.


Jadi coba hilangkan segala pikiran teman-teman tentang Belanda, karena sesungguhnya penjajahan itu melahirkan sebuah Pengetahuan yang mahal harganya. Coba teman-teman bayangkan, jika dulu kita tidak dijajah apakah teknologi kita bisa seperti sekarang ini? Apakah kita akan mengenal sebuah sistem pemerintahan yang jelas sekali telah kita tiru dari beberapa negara asing yang pernah menduduki negara kita?


Bahkan Drs.Moh.Hatta yang kita kenal sebagai salah satu Founding Father negara ini adalah lulusan Sekolah Tinggi di Belanda. Karena bagaimanapun jauhnya kita dari negeri ini, jika hati kita mencintai Indonesia maka selamanya kita akan kembali ke pangkuan Pertiwi.

Jadi, apa salahnya jika kita meneruskan studi di luar negeri (khususnya Belanda)? karena saat ini teman-teman tidak perlu menguasai bahasa belanda untuk kuliah disana. Cukup dengan bahasa inggris maka teman-teman sudah bisa mendaftar. Dan saat ini pendaftaran pun bisa dilakukan secara online.

Tahukah teman? ternyata di Belanda pun ada mata kuliah sejarah Indonesia?
Yang artinya kita tidak harus menjadi orang Indonesia untuk mengetahui sejarah indonesia.
dan relakah teman-teman jika suatu saat negara kita ditaklukan kembali oleh negeri lain dengan sains dan pengetahuan?

Tidak ada salahnya kan jika kita 'mencuri' pengetahuan dari negeri orang untuk kita terapkan di negeri 'tercinta' kita Indonesia seperti yang dilakukan Drs.MohHatta.

Favourite Qoute :
Berikan aku sepuluh pemuda Indonesia, maka akan kuguncang dunia ! -Soekarno-

34 Komentar:

Anonim mengatakan...

Hmm.. tapi gimana masalah biaya tuh? katanya di negara eropa laen lebih murah?

ngupingers mengatakan...

kerennnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnn

Gubukmahasiswa mengatakan...

@ngupingers makasih.. tertarik kuliah di belanda ga? hehe

Gubukmahasiswa mengatakan...

@anonim : sepertinya untuk kuiah di belanda bisa lebih murah daripada negara eropa lain..coba aja cari info biaya hidupnya di mbah gugel.

The BeNnZ mengatakan...

yuuppz benar sekaalli anda ...
dan perlu diketaahui Hukum yang ada di Indonesia ini banyaak sekali yang diadopsi dari Hukum di Belanda .
Belanda adalah negara yang disegani ..
Jadi, jangan pernah takkut untuk kulia di Belanda.
Ok
^_^

cat miaw-miaw mengatakan...

nice share ganh ^^,

Gubukmahasiswa mengatakan...

@the benz wah iya.., gw lupa nambahin tentang hukum..hehe

@cat miaw-miaw : sama sama.. :D

The BeNnZ mengatakan...

iyaa...
yaahh itung2 beramal lah ..
ckckkckckckck

Gubukmahasiswa mengatakan...

@the benz Sipp ^____^

Anonim mengatakan...

jadi pengen ke BELANDA . . .. . . ..
>.<

Gubukmahasiswa mengatakan...

@anonim : Sama.. saya jga pengen ke belanda koq. :D

areeavicenna mengatakan...

wuih... ikut kompetiblog juga. Sukses dah... smoga mendapat yg terbaik.
Nice info gan !!

Gubukmahasiswa mengatakan...

@areeavicenna Makasih..makasih...mohon dukungannya yaa. :D

riska mengatakan...

yup, setahu saya pendidikan di Belanda begitu bagus. Banyak sekali mahasiswa Indonesia yang kuliah di sana.

sukses yah :)

akhatam mengatakan...

Belanda memang dari dulu sampe sekarang merajalela.. mungkin mereka yang lebih pintar dan cerdik.. Patut untuk ditiru oleh kta..Tx gan infonya

Gubukmahasiswa mengatakan...

@rizka : iya, klo say sendiri sih lebih suka sama arsitektur mereka yang begitu simple tapi kuat, jadi penasaran bikinnya gimana sih??

@akhatam : ya, mungkin karena mereka bangsa yang selalu berpikir maju..kan sangat jarang bangsa di dunia yang berpikiran seperti itu.

Anonim mengatakan...

semangadd . hhahay

E-C-H-O-X mengatakan...

semangat buat ikut lomba ini.... hehehe... nice job u have done... :)

http://koje89.blogspot.com/2010/04/berburu-ilmu-ke-negeri-belanda.html

secangkir teh dan sekerat roti mengatakan...

wah sip sip nih.. mengejar impian ke negeri belanda...!

Billy Koesoemadinata mengatakan...

dan para founding fathers Indonesia kan kebanyakan dididik oleh Belanda. maka mereka berhasil lho bikin negara Indonesia..

dibandin sekarang, para petinggi2 itu didikan mana coba? ga salah kan kalo jadi agak semrawut.. :D

ghaghah mengatakan...

TOPBGT!! Lanjut gan!!

Sendy Aditya mengatakan...

Kalau indonesia tak dijajah belanda? jawabannya:
Indonesia akan tertinggal di bidang transportasi, siapa yang menciptakan jalur KA pertama kali di sini? ya, belanda.
Indonesia akan kebingungan menyusun perundang undangan, karena hukum di indonesia mengadopsi hukum negeri kipas eh kincir angin itu.
Kita tidak akan tau seberapa kayanya potensi alam negeri ini kalau dulu tidak di eksploitasi oleh belanda *ngawur* hehe.

taukah kamu? bahwa kita dijajah oleh negeri belanda tidak menyebabkan kebudayaan Indonesia tersisipi oleh kebudayaan Belanda? lalu apa contohnya? apakah ada orang asli jawa pake embel embel Van Basten? atau Van Van yang lainnya?

that's my opinion :D

rhizki dwimawesa mengatakan...

semangat bang :D

runnebelle mengatakan...

kalo diuraikan lagi siapa aja penemu dalam bidang navigasi, dan arsitektur-nya gimana? dan kemunculannya sejak kpan, dll.

goood luck!

Gubukmahasiswa mengatakan...

@Anonim = Terimakasih :D

@ECHOX = Sama-sama saling mendukung yaa

@Secangkir teh = Iya nih, mimpi mau naik pesawatnya aja deh..hehe

@Billy = setuju ! yang artinya dari jaman dahulu belanda sudah menjadi kiblat dari pengetahuan yang diterapkan di negeri ini

@ghaghah = Thanks ya udah mampir..

@Sendy = wah.., nice info nih. Thanks ya udah mampir :D

@rhizki = Pasti semangat dong :)

@runnebelle = Ok, mungkin di postingan berikutnya yaa. thanks sarannya :D

Anonim mengatakan...

katanya belanda penjajah,,eh sodara gw kul dbelanda mo kawin juga ma bule sana. ckckckckc

ocky mengatakan...

haha yap betul kadang penjajahan melahirkan hal yang positif khususnya bagi generasi berikutnya, tapi kalaupun penjajahan itu harus terulang harusnya kita yang menjajah negara lain, kita yang memberikan ilmu kepada negara lain. menaklukan negara lain dengan sains dan pengetahuan.. hihi

elsyahbana mengatakan...

ternyata banyak segi posif yang ditinggalkan oleh negara belanda di negara kita indonesia.... buktinya banyak gedung2 dan bangunan2 yang sudah ber umur ratusan tahun namun masih kokoh tegak berdiri yang bernilai history yang ditinggalkan oleh negara mereka...
segi positif yang lain sedikit banyaknya kita mengelal tokoh bersejarah dan negara belanda...

Gubukmahasiswa mengatakan...

@anonim = Wahh., selamat deh buat sodaranya..hehehe

@ocky = setuju ! sekarang seharusnya giliran kita yang "menjajah" negara lain dengan sains :D

@elsyahbana = ya, memang tak selamanya penjajahan melahirkan hal negatif..banyak juga hal positif serta pengetahuan yang tak ternilai harganya yang kita dapatkan dari penjajahan.

Andika Hendra Mustaqim mengatakan...

Belanda menguasai segalanya...

aku juga buat artikel buat kompetiblog, coba komen dan cek juga....thanks...
http://andikahendramustaqim.blogspot.com/2010/04/inovasi-belanda-tak-terpisahkan-dari.html
http://andikahendramustaqim.blogspot.com/2010/04/belajar-inovasi-dari-di-belanda.html

Benazio R.P mengatakan...

ya itulah dia salah satu keuntungan dijajah dari kerugian2 dijajah. dapet ilmu2 dan peninggalan! haha

Vera "Bubun" Chan mengatakan...

gw dulu tauny VOC itu yg menduduki pelabuhan d indo.
hehehe
*maap nilai sejarh gw jelek.

cara mengatur keuangan mengatakan...

cari info besiswa ajah,..
wkwkwkwkwkwk

Anonim mengatakan...

wah mantap sekali..., banyak kerugian dan ke untungan yang kita dapat.
ada satu lagi yang patut ditiru dari belanda( meereka tidak mengajarkan bahasa belanda pada bangsa lain, tetapi mereka wajib bisa bahasa bangsa lain,hehehe...sehingga banyak buku sejarah dalam bahasa belanda yang orang lain tidak mengetahuinya, itulah keunggulan belanda.

dan sekarang belanda takut dengan punahnya bahasa mereka? why...

Posting Komentar

Memberikan komentar merupakan salah satu contoh menghargai karya orang lain. Berikan komentar anda untuk dapat lebih membangun Blog ini. :D

 

3 Jurus Ampuh

Supported

bisnis  online

Great Morning ©  Copyright by Anak Muda Harus Kreatif !Dimas Gilang R | Template by Blogger Templates | Blog Trick at Blog-HowToTricks